Wednesday, March 03, 2010

Indonesia, Yang Saya Punya

Saat berpamitan dengan seorang kenalan yang kebetulan bukan orang Jepang, sebut saja namanya Ms. Mary, ada satu pertanyaannya yang cukup membuat saya sedikit tersindir.

"Are you really an Indonesian?"

"Yes, off course. Why did you ask it?" Saya mengira dia bercanda.

"Saya pernah berkunjung ke Jakarta selama satu bulan. Dan saya berhubungan dengan banyak orang Indonesia."

"Oh ya?!"

"Ya, dan saya perhatikan kalau hampir semua orang Indonesia itu berkulit hampir coklat. Tapi waktu pertama bertemu kamu...."

"Memangnya kenapa dengan saya??"

"Kulitmu putih. Dan waktu kamu bilang berasal dari Indonesia, saya agak kaget."

Ucapannya itu cukup membuat saya ge-er.
"Ooo, begitu kah?? Menurut anda, tadinya saya berasal dari mana?"

"Hmm... Kamu lebih mirip orang China."

"No... No. Hanya darah Indonesia yang saya punya. Asli."

"Benarkah? Tidak ada keturunan China?"

"Yang saya tahu, kakek-nenek asli Indonesia. Bahkan nenek buyut/ nenek ayah saya (masih hidup sampai saya masa kuliah), juga asli Indonesia. Seandainya kami ada keturunan China, pasti ada kebudayaan China yang kami jalani sehari-hari."
********

Singkat cerita, dia percaya saya orang Indonesia asli. Sebaliknya saya yang mulai gelisah. Asli Indonesia tapi apa saja yang sudah saya perbuat untuk bangsa dan tanah air Indonesia?

4 comments:

umi rina said...

Hehehe...itu yg pernah dialami Ibu saya, pernah dikirain orang China bahkan dipanggil amoy oleh teman2 semasa sekolah beliau dulu...:D

Apa yg sudah kita perbuat untuk Indonesia? Buaaanyaak banget yg bisa diperbuat untuk negeri kita yang kabarnya kaya raya namun rakyatnya banyak yang jelata...

We'll be waiting for your coming home Bunda...:)*kiss from the kids*

Shinta Octaviani said...

Iya mbak Rina... Indonesia itu kaya tapi tidak semuanya bisa menikmati kekayaan tsb.

Sun sayang buat anak-anak ya.. :luv:

umi rina said...

Bunda, aku baru aja pasang award dari Bunda yang hampir kadaluwarsa itu...;)

Sun sayang juga buat Bunda dan Om Luki dari anak2...mereka dah nanyain terus kapan ketemuan Bunda dan Om di Indonesia???:) Jangan lupa kontak aku ya kalau sudah mendarat di Ina dan sudah selesai beres2 pindahannya...:)

Naila Zulfa said...

salam kenal sista, lagi blogwalking...
saya juga pernah ada pengalaman gt, tp posisi saya yang menanyakannya ke temen saya, secara dia putih dan sipit, khas2 orang oriental, ternayta emang keluarga mereka asli indonesia, hehehe..

indonesia?? negeri yang semakin menua, semoga kita bisa banyak berkontribusi untuk negeri tercinta, :)