Wednesday, February 20, 2008

Ingin Pulang Ga Sih??

Kemarin ada silaturahmi plus pengajian plus perpisahan plus makan siang bersama muslimah Indonesia di Tsukuba. Banyak plus-nya ya?! Karena lazimnya masa selesai tugas (baik tugas study, riset atau kontrak kerja) adalah akhir Maret maka bulan Februari-Maret emang musimnya perpisahan.

Rasanya sudah berkali-kali saya ikut acara perpisahan. Mulai perpisahan untuk teman yang memang lebih duluan datang ke Tsukuba sampai teman yang datangnya baru aja 1 atau 2 tahun yang lalu. Kayaknya ga sopan deh, datang belakangan tapi pulang duluan. Hehehe.... Tapi memang ga bisa diurutkan, yang datang lebih dulu harus pulang lebih dulu. Masing-masing punya jadwal dan rencana sendiri yang tidak bergantung satu sama lain. Kalo memang sudah datang masanya untuk kembali ke tanah air, ya pulang lah.

Di sela-sela waktu santai, suami saya kadang sempat nyeletuk, "teman-teman datang dan pergi tapi kita tetap di sini aja ya?!" Setiap tahun melepas kepulangan teman-teman kembali ke tanah air. Kami seolah-olah memang jadi saksi kedatangan dan kepulangan teman-teman selama 4 tahun terakhir di Tsukuba. Pulang di sini maksudnya pulang selesai tugas, bukan pulang untuk berlibur atau sekedar mengunjungi keluarga.

Pernah ada yang menyatakan keheranannya, kok kami berdua kayaknya betah berlama-lama di Tsukuba. Apa ga ingin pulang? Ga kangen sama keluarga?

Kalo ditanyakan soal betah? Mungkin bisa dibilang betah karena kami sering ga sadar kalo udah cukup lama tinggal di sini. Empat tahun bukan waktu yang singkat kan?! Tapi kami merasa seolah baru kemarin rasanya perama kali menginjakkan kaki di negeri samurai, baru kemarin saya menelpon ibunda bahwa saya dah nyampe dengan selamat dan berkumpul lagi dengan suami. Baru kemarin juga rasanya cerita pada ibunda kalo saya punya teman baru, orang Jepang tapi bisa bahasa Indonesia.Ternyata kejadian itu sudah lama dan saya masih merasa seperti kemarin.

Mungkin karena selalu berusaha "feel like own home" dimana pun berada sehingga kami bisa enjoy. Kami menikmati episode hidup yang berjudul "Tinggal di Tsukuba" dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Beruntung juga saya dikasih Allah suami yang baik. Suami yang memberikan kebebasan beraktivitas pada saya, kebebasan bertanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma. Apa aja yang bisa bikin saya betah, dia dukung sepenuhnya.

Kapan suami lulus trus pulang ke Indonesia? Ga kangen keluarga dan teman lama ya? Pertanyaan itu sudah sekian kali, mungkin ada satu triliyun karung (meminjam istilah Tukul Arwana, agak hiperbola dikit ga papa ya...) mampir di email ataupun terketik saat chatting, juga terdengar saat menelpon dengan sodara dan teman-teman di tanah air. Dan selalu saya jawab, mohon do'a-nya supaya semuanya berjalan lancar sehingga bisa cepat pulang dan cepat ketemu lagi. Cukup diplomatis ga jawabannya??

Tak dipungkiri, saya kangen banget sama ortu, adik-adik, keponakan semata wayang (yang baru sempat ketemu muka saat chatting via webcame), sodara dan juga teman-teman saya. Apalagi kalo pas saya telepon, keluarga besar saya sedang ngumpul. Rasanya ingin saat itu juga saya terbang ke tanah air untuk bergabung. Dan saya yakin suami pun merasakan hal yang sama. Tapi sementara ini kami masih ada tugas (yang berhubungan dengan rencana masa depan) yang harus diselesaikan di sini. Ga papa deh jauhan asalkan dekat di hati dan saling menguatkan.


Buat teman-teman yang mau pulang, makasih untuk persaudaraan, persahabatan, bantuan dan sharing ilmu selama di Tsukuba. Semoga kita dipertemukan lagi dalam keadaan yang lebih baik dari sekarang. Aamiin.

12 comments:

Anonymous said...

Ya pasti pengen pulang ya. Tapi kan mesti selesaikan dulu yang di Jepang. Semoga cepat kelar ya jadi bisa cepat balik lagi ke Indonesia.

Eucalyptus said...

Moga cepet selesai dan bisa pulang ke Indonesia lagi..... Ya namanya kalau lagi disana harus di-betah2in dong....

nila_aura said...

Kalo tinggal diluar pengen cepet balik ke Indo...tp kalo lg di Indo, pengen juga nyoba tinggal diluar..nah loh...ehhhehe...
Mudah2an cepet kelar yah urusannya di sana, jadi bisa ngumpul lg ma keluarga...

~AbiyasaFathim~ said...

Cerita ini mengingatkan tetangga saya (temen main) yang ke jepang tuk kerja..sebentar lagi mantan partner saya juga ke jepang tuk kerja juga dan ada yang kuliah S2. tentunya kami sangat menrindukannya karena mencintai krnNya..
Ma’akumnjah wa barokah….

Mr. Eagle said...

kangen Indonesia yaa... sabar yaaa...

Anonymous said...

moga2 cepet kelar ya mba...tp selama msh di bumi ALLAH betah-betah aja kan mba?, sm tuh sama temenku..skrng lg S2 di ausie..pdhl waktu mulai kuliah dia ninggalin anaknya umur setaon..betul2 pengorbanan banged deh

Anonymous said...

4 thn ga pulang duuh..kerasa gimana numpuknya tuh rasa kangen yaa..

semoga cepet selesai tugas sekolahnya yaa..

sesekali mudik sebentar deh...mengobati rasa kangen hihi...

Shinta Octaviani said...

To mbak Dhona,Kak Evie,mbak Nila,Eagle, mbak Iie dan Abiyasa... makasih support-nya ya. Mudah-mudahan tetap betah sampai saatnya pulang nanti.

To Widie, tahun 2006 aku sempat mudik 1,5 bulan lho... Tapi teteup aja kangen ama Indonesia tercinta.

Ryuta Ando said...

Ya mudah-mudahan bisa cepat selesai kuliahnya trus bisa berkumpul lagi bersama keluarga.

Btw betah kan tapinya di jepun?

Shinta Lestari said...

mari pulang...mariLah puLang...2x bersama-sama *sing*
Kangen jakarta gak?? yang pasti jakarta Panas, macet, banjir shin...

Shinta Octaviani said...

To Ryu's mom & Nta: Alhamdulillah, betah kok tinggal di Jepang. Sesekali rasa kangen sama Indonesia jelas ada dong ya.... :D

Anonymous said...

asyik masih ada teman disini juga.
kangen sih kangen, tapi sayang...masih belum bisa pulang. sama mbak shinta, awalnya mau pulang terus lama2 menikmati hidup di sini, aman dan nyaman.

btw pulang yuk lebaran ini