Thursday, February 15, 2007

Speechless

Beberapa hari yang lalu, banjir besar melanda ibukota Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya.:-S Kebetulan pada saat itu, seorang teman ada urusan pekerjaan yang mengharuskan dia pergi ke Jakarta dan Bekasi. Itu pertama kalinya dia berkunjung ke Indonesia.

Sebelum berangkat, dia sempat tanya-tanya tentang keadaan di Indonesia khususnya Jakarta dan Bekasi. Mulai dari musim dan suhu harian serta pakaian yang cocok karena mengingat di Tsukuba saat itu masih musim dingin. Saya jelaskan bahwa di Indonesia sedang musim hujan. Hampir setiap hari turun hujan. Tapi tidak terlalu dingin dibanding suhu musim dingin.

“Kalo gitu, ga perlu bawa pakaian yang tebal-tebal dong ya?!”
“Ga perlu. Cukup pakaian seperti musim semi di sini. Kalo mau, bawa aja jaket atau jumper anti hujan.” Begitu saran saya.

Sengaja saya tidak cerita tentang banjir yang melanda ibukota. Khawatir dia menjadi takut untuk datang ke Indonesia;). Makanya saya bilang saja, “tiap hari turun hujan.”
Singkat cerita, berangkatlah dia ke Jakarta. Padahal waktu itu “banjir” sedang menjadi headline semua media di tanah air. Dalam hati saya berharap, se
moga dia tidak kapok untuk berkunjung lagi ke Indonesia di lain waktu.

Dia mengontak saya lagi sekembalinya dari Indonesia. Saya (S) tanyakan pengalaman dia (D) selama 3 hari di Jakarta dan Bekasi.

S : “Gimana di Indonesia? Ada kesulitan yang berarti ga?”
D : “Taihen desukeredomo #:-S omoshirokatta. Kalo untuk urusan pekerjaan ga ada kesulitan, saya dibantu oleh penterjemah.”

S : “Syukurlah kalo begitu. Selama di Indonesia nginap dimana?”
D: “Nginap di hotel, di Jakarta. Benar kata anda, setiap hari turun hujan. Hujannya benar-benar besar ya…?! Sampe di mana-mana banjir trus jalanan macet. Bahkan ada yang ga bisa dilewatin kendaraan.”
S : “Ya… kalo musim hujan memang selalu begitu. Sumimasen..."/:)
D : "Jakarta to Tokyo amari kawaranai deshou ne. Keramaian dan suasana sibuknya termasuk juga kemacetan lalu lintasnya tida
k berbeda. Gedung-gedung tinggi di Jakarta malah lebih banyak daripada di Tokyo. Lalu kenapa terjadi banjir?”:-/
S : “Soalnya kota Jakarta itu dilewati banyak sungai. 3 di antaranya adalah sungai-sungai besar, Ciliwung, Citarum dan Cisadane. Sungai-sungai itu melewati Jakarta menuju ke laut.”
D : “Tokyo juga dilewati sungai tapi ga banjir tuh. Apa yang salah sama sungai-sungai di Jakarta?”

S : ”Karena di Jakarta penduduknya banyak dan ada yang suka buang sampah ke sungai. Jadi kalo hujan terus-terusan, airnya meluap lalu banjir dimana- mana.” Bingung jawabnya, jadi yang keluar jawaban begitu deh....:-
D : “Penduduk Tokyo juga padat tapi mengerti bahwa sungai tuh bukan tempat sampah. Kenapa orang-orang di Jakarta ga ngerti itu?”
S : *speechless ^:)^*

Note:
-
Taihen desukeredomo omoshirokatta : Capek/berat tapi menarik.
-
Sumimasen : Maaf.
-
Jakarta to Tokyo amari kawaranai deshou ne : Jakarta dan Tokyo tidak terlalu berbeda ya..

12 comments:

Muhammad Ilham said...

Hehehe, jadi malu juga nih sebagai org Indonesia.
Mmng sih mbak, kita di Indomesia trll banyak tahapan pendidikan [dalam arti luas] yang kita lompati, sehingga tidak ada kematangan karakter yang melekat di pribadi manusia indonesia [secara umum].
Jangankan buang sampah sembarangan, wong ngambil hak orang lain saja merupakan perkara yang biasa kok,hehehe.
Tapi optimistis harus tetap ada, berusaha menularkan kebaikan kepada orang lain di sekitar kita dengan harapan kesadaran mereka yang masih 'tidur' bisa segera bangkit.

Jadi Ingat buku Totto-chan, baru kelas satu SD saja sdh bisa berpikir kayak org dewasa ttng persahabatan, tanggung jawab, kesetaraan, dll...

Indonesia mmng harus banyak belajar dari saudara tuanya; Bangsa Jepang. [hehehe, bukan karena saya suka Jepang sehingga saya nulis ini loh :P]

Salam,
your bro [Muhammad Ilham]

Maeasti said...

Adwuuuh malu banged deh ya Mba....emang mungkin mreka ga bisa nrima kenapa Jakarta bisa banjir sedangkan Tokyo engga, toh sama-sama ada sungai, sama-sama padat,huhhhu.....

Sita, Bunda-nya Calya said...

Sedihnya kalo ditanya kayak begitu. Kok sepertinya negara kita isinya jelek melulu...Padahal aslinya kan...tau ahh..gelap...hehehe

Ryuta Ando said...

Emang malu sih ya..pernah juga ada temen yang org Jepang waktu ke Bali dengan antusiasnya dia cerita klo Bali itu indah, orangnya baik-baik...tapi kenapa di Bali itu motor itu banyak banget..trus kenapa orang boleh boncengan naik motor sampe ber 3-4, apa nggak bahaya..apa nggak dimarahin sama pak polisi bla..bla..bla..dll. Ahh jadi speechless juga deh akhirnya..

Anonymous said...

malu boleh tapi harus ada semangat buat tetap mengingatkan agar cara-cara org indonesia spt itu harus pelan-pelan dirubah (duh kayaq pemerintah ajah ngomongnya)

klu dikalimantan, ciliwung sejenisnya sama spt (maaf) got ato selokan, krn sungainya sendiri luas spt laut, dan jarang yg buang sampah disungai:)

Sabudi Prasetyo said...

iya....saya sendiri yg baca jadi malu.....nggak tahu dah..kayaknya sekolah2 di indonesia harus diberi mata pelajaran tentang budi pekerti....hehehe... ada hubungannya ya..?

putri said...

Terakhir bilang gini...

'Tokyo beda ama Jakarta. Tokyo di Jepang, Jakarta di Indonesia. Penduduk Tokyo beda jg ama penduduk Indonesia. Jadi.. sungai di Tokyo beda juga sama di Indonesia'

hehehehe....
Harus tetap optimis bahwa disemua tempat itu, semua orang itu berbeda ;) makanya dunia jadi berwarna :D

Shinta Octaviani said...

Usul dari mba Putri boleh juga tuh...
Ntar, kalo ada yang nanya lagi (ga cuma masalah banjir), tak kasih jawaban yang optimis deh...:D

Anonymous said...

makanya mbaknya cepetan pulang ke indonesia... trus turut membangun negeri ini biar cepet ngejar Jepang...setuju...

Evy said...

malu deh kl dibandingkan begitu >_<
tp org indonesia pasti juga pny kelebihan dong dibanding org tokyo:p
harus bangga \^o^/
smga kita bs lbh baik bljar dr pengalaman ini:)

Lana said...

sumpee dee..

ane jg spechless kalo ditanya gitu...

fiuuh..!!!

dodY said...

kalo hanshin tigers menang para fans-nya pada nyebur ke kali! tapi lihat... osaka ngga banjir kan? hehehehe... ini kok malah jadi ngga nyambung gitu yah? *edan mode on* :-D