Tuesday, February 05, 2008

Karena Setiap Perempuan Cantik

Menjawab pertanyaan anak usia 5 tahun ternyata ga mudah ya?!#:-S Soalnya pengen memberikan jawaban yang bisa diterima logika anak seusia itu tapi tidak melenceng dari kebenaran yang sebenarnya. Kalo jawaban ngasal mungkin lebih mudah tapi efek sampingnya bisa menyesatkan.:-


Kejadiannya sewaktu saya maen ke rumah Ishikawa san (berhubungan dengan posting sebelumnya). Saya sempat numpang sholat di rumahnya terus anak semata wayang Ishikawa san (usia 5 tahun), Julia ikut sholat bersama saya. Selesai sholat dan berdo'a, terjadilah percakapan seperti berikut (dalam bahasa campur-campur, Jepang dan Indonesia karena Julia lebih lancar berbahasa Jepang) :D:


Julia : "Tante, kenapa sih perempuan kalo sholat harus pake mukena?"
Saya : "biar semuanya tertutup kecuali muka dan telapak tangan ga papa kalo kelihatan."
Julia : "mukena kan panjang, tangannya jadi tertutup trus tinggal muka aja yang kelihatan. Kenapa sih harus begitu?"
Saya : waduuh.... mesti jawab gimana nih???:-S Toloong.... Akhirnya dijawab, "karena setiap perempuan itu cantik... (masa ganteng?! =))) Dan Allah senang lihat mukanya aja. Bagian lain biarin tertutup."


Jawaban yang lebih tepat, karena menutup aurat kan salah satu syarat sah sholat. Tapi saya pikir, jawaban seperti itu belum kena dengan logika Julia. Ditambah lagi, dia tumbuh di lingkungan yang kurang kondusif untuk lebih mengenal Islam, karena sebagian besar orang Jepang tidak membawa nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu ayahnya juga mualaf yang masih perlu banyak bimbingan. Pendidikan (agama) dari rumah, semua mengandalkan bimbingan ibunya.


Kalau boleh berandai-andai.... Seandainya mereka tinggal di Indonesia (atau negara mayoritas berpenduduk muslim), mungkin tidak terlalu sulit memberi penjelasan seperti itu. Selain dari rumah, dia bisa melihat sambil belajar dari lingkungannya. Betul-betul sebuah tantangan yang ga mudah buat keluarga Ishikawa. Mungkin disitu nilai jihadnya ya?!O:)


Bersyukur saya terlibat dalam percakapan dengan Julia, jadi bisa siap-siap kalo nanti pertanyaan seperti itu muncul dari anak-anak saya. Ada yang punya pengalaman seperti itu kah? Sharing yuuk.... biar saya bisa belajar.:D/

13 comments:

Anonymous said...

Akan lebih banyak pertanyaan2 lain yang kadang kita mesthi berfikir dan berhati2 untuk menjawab pertanyaan2 anak2 yang sedang mulai senang bertanya "kenapa" atau "apa ini, apa itu, untuk apa" ?.
Misal saja setiap kali mau makan/minum kami selalu ajarkan untuk berdoa dulu dan SAfa bertanya kenapa mesthi berdoa sebelum makan mama ? di sekolah SAfa sudah berdoa "itadakimasu" Safa gak mau ah...doanya panjang banget (padahal Safa sudah hafal doa ini sejak usia 1 tahunan).
Saya jawab : Biar Allah makin sayang sama mbak Safa, karena mbak Safa seneng (maksudku bersyukur) dengan makanan yang akan dimakan. Setelah doa dibaca, mbak Safa boleh kok pake itadakimasu...
Pesen mama, kalau di sekolah sebelum/sesudah itadakimasu baca doa sebelum makan sendiri ya nak...
iya mah...dan suatu hari sepulang dari sekolah, Safa bilang tadi mbak Safa sudah berdoa mah sebelum makan, terus itadakimasu. Biar Allah sayang sama mbak Safa. Mamah, ALLAH itu siapa sih..tinggal dimana...?
gedobraks...pertanyaan yg sebelumnya gak kusangka.
Allah itu yang menciptakan semuanya,jadi ada mama, ada papa, ada mbak Safa, ada mbah kung, ada mbah ti, ada pohon, nekochan, ada inu, ada mizu, ada hana..dlllll....
Allah tinggal di hati kita.
(safa tertegun mendengarnya) dan masih mengejar lagi...hati kita dimana mah...?
hati itu ada didalam dada mbak Safa, di dalam dada mama dan semua orang punya hati.Disini nak (sambil menunjuk )
Hati itu buat apa mah...?terus.....kalau hatinya rusak gimana mah...?sampe mamanya pusing menjawabnya.
Anak sekarang makin kritis mbak Shinta.

btw Julia pinter juga ya, dah mulai ikut belajar sholat.

Anonymous said...

Emang mesti muter otak deh kalo ngejawab setiap pertanyaan anak seumur gitu. Jawabannya pas koq dimengerti ama anak segitu.

Azzah said...

hmm sayangnya saya blm punya pengalaman tuh shin, bentar lagi mungkin ya :D, thanks ya neng, sudah dibagi cerita bermaknanya :D

Azzah said...

wah nice story loh neng shinta, sayangnya aku blm ada pengalaman dengan nawfal spt itu, bentar lagi kalee ya. :D

Anonymous said...

wah..pembelajaran juga tuh sin buat ku, klu nanti alika udh besar dan ngeliat aku shoLat trus ngeLontarin pertanyaan itu ke aku. Mungkin aku aku menjawab "karena Allah suka sama baju yang mama pakai, Putih bersih dan Longgar *Nunjuk Mukena*" hihihi... masuk akaL gak yah???

Anonymous said...

Emank benar..usia2 segitu adalah masa2 kritisnya anak..jadi kita kudu siapin bekal jawaban kalo2 buah hati kita menanyakan hal-hal yang semodel. Pengalaman juga dengan putra saya...semua hal ditanya.dari hal ALLAH itu ada dimana?, knp bunda pake jilbab?, klo didalam rmh koq bunda ga pake (jilbab)?, seperti itulah anak2..kadang2 bingung juga jelasinnya dlm arti bahasa yang bisa dimengerti si anak.

Mr. Eagle said...

memang pertanyaan anak kecil kadang membuat kita terkejut tuk jawabnya... bagaimana jawabnya supaya bisa dipahami mereka

Eucalyptus said...

Hmmmh, susah susah gampang klo jawab pertanyaan anak kecil. Aku aja pernah ditanya anakku waktu dia umur 4 thn, darimana datengnya adik? Huaaa.... gelagapan, tapi aku jawab, nanti besaran dikit mama akan jelasin ke kamu ya (speechless....)

nila_aura said...

Bener ya..mang kalo anak2 dah mulai kritis, jawabannya mesti jitu...

uNieQ said...

wahh rada susah juga yah.. bahh cc belajar dari skg ahh sapa tau ntar anak cc nanyain kek gitu juga...

tp emang butuh jawaban cerdas untuk menjawab pertanyaan anak kecil.. :)

Shinta Octaviani said...

Buat mbak Anisa, mbak Dhona, mamah Nawfal, Iie, Nta, Eagle, Eucalyptus, mbak Nila dan Unieq... makasih ya.. dah sharing pengalaman dan kasih support. Ja, ganbarimasu!

Anonymous said...

wah, menarik banget tuh pengalamannya, empat tahun yang lalu aku juga pernah ditanya ma keponakanku " om, kalo andi solat hadap ke utara boleh gak?"
ya aku jawab aja "gak boleh, solat tuh harus hadap ke barat, karena Tuhan ada di barat"
aku pikir waktu itu jawaban seperti itu cocok untuk dia, melihat umur dia yang masih empat tahun dan miliu agamis di sekitar kita. ehh, ternyata sebulan kemaren dia protes lewat telpon, dia bilang " om, andi
kayaknya jawaban om yang dulu salah deh, solat itu harus menghadap ke barat karena perintah Allah dan rasul-Nya"
bangga campur malu-malu gimana gitu.

Shinta Octaviani said...

to Sunlimonas,
emang perlu hati-hati kalo kasih jawaban anak umur segitu. Bukan hanya logika mereka yang kita pertimbangkan tapi juga efeknya di kemudian hari.