Tuesday, April 29, 2008

Kunjungan ke JAXA

Sebenarnya ini acara wiken 2 minggu yang lalu. Waktu itu ada Tsukuba sciences week. Dalam setahun biasanya ada 2 kali event seperti ini, di musim semi dan gugur. Beberapa research center yang ada di Tsukuba (terutama lembaga nasional Jepang) mengadakan open house, jadi bisa ngeliat-liat isi lab-nya. Event ini merupakan salah satu cara menambah pengetahuan bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Jadi kita-kita yang awam bisa nambah pengetahuan lewat acara ini. Dan bagi anak-anak, acara ini bermanfaat untuk memancing rasa ingin tahunya karena selain diberi penjelasan, tanya jawab juga diijinkan untuk mencoba/mempraktekkan peralatan yang ada di masing-masing research center tersebut.

Research center yang saya kunjungi adalah JAXA. Japan Aerospace and eXploration Agency (JAXA) itu mirip seperti NASA yang ada di Amerika itu.... Di Jepang, lokasi research center JAXA ada ada di beberapa tempat dengan spesifikasi tertentu. Nah yang di Tsukuba ini, spesifikasi-nya roket dan satelit. Info lebih lengkap silahkan baca di sini ya... Ada pilihan English kok.

Tidak hanya JAXA sih yang mengadakan open house, tapi waktu itu teman-teman pada antusias untuk melongok isi JAXA jadi saya pun ikut bergabung. Padahal 2 tahun sebelumnya saya dan suami juga sudah pernah ke sana. Ga papa deh, pergi lagi rame-rame. Kita di JAXA cuma dari jam 10-12 siang. Soalnya banyak ga ngerti penjelasannya. Habis ngejelasinnya pake bahasa Jepang coba pake English, belum tentu juga saya ngerti. Hihihihi.... jadinya kunjungan ke sana buat foto-foto sambil ngumpulin stamp/stempel dari tiap lab. Hasil ngumpulin stamp itu saya dapat 2 pin berbentuk satelit dan 3 lembar kartu pos bergambar roket dan foto bumi.

Tadinya saya dan suami masih ingin mengunjungi open house researh center yang lain. Berhubung cuaca mendung berangin dan diramalkan sorenya akan turun hujan, akhirnya kita ga jadi melanjutkan rencana. Moga-moga ntar musim gugur kita masih punya kesempatan untuk berkunjung.

Selanjutnya biarkan foto yang bercerita.....
Dari main gate aja udah tersedia roket.
Mampir ke lab yang ada roket lagi.Yuhuu.... jadi astronot nih!
Antri nunggu stempel demi mendapatkan hadiah.

4 comments:

Eucalyptus said...

Wah, keliatannya menarik banget ya.... bisa liat research2 yang ada.... jangankan anak2, orang dewasa juga suka pastinya berkunjung kesana

Anisa said...

baru lihat rudalnya saja aku udah ciut nyaliku..apalagi dengan membawa anak2 ke sana... kayaknya masih belum bisa deh. btw menarik juga sebenarnya tapi kok yo tempatnya jauh banget dari Saga to yo

Anonymous said...

Asyiikk neh jalan-jalannya keren...ada rudal segala..wah kl akbar liat pasti dia minta ngajakin ke sana neh hehehe...
dapet hadiah lg wah menarik yaa..sering2 laaahhh hehe...

namaku wendy said...

huaaa senangnya, coba bisa ikutan mba'shinta yah hiks... tp gpp wis ole2 dari mba'shinta ni juga udh cukup koq:D