Saturday, May 17, 2008

Otsukaresama deshita (TIF 2008)

Pfuuh... ngelap keringat dulu trus tarik napas dalam-dalam. Alhamdulillah, kesibukan Tsukuba Int'l Festival 2008 (TIF) selesai sudah. Dengan mengusung nama "Indonesia Corner", para pelajar Indonesia di Ibaraki (Tsukuba dan Mito) plus keluarganya bersibuk-sibuk ria menyiapkan event ini sejak awal April, hingga pelaksanaannya tanggal 10-11 Mei kemarin. Hasilnya?? Sukses boo.....

Padahal kita sempat ketar-ketir karena pada 2 hari itu cuacanya hujan gerimis dan agak berangin. Tapi selama bukan typhoon, show must go on! Syukur hari kedua, pas siang hujan berhenti tinggal mendungnya. Lumayan tuh.... bikin pengunjung stand Indonesia Corner tambah rame.

Apa aja sih isi stand Indonesia Corner? Yang jelas orang-orang Indonesia, hehehe... Soalnya daripada payungan di tengah gerimis mending berteduh di stand. Dan menurut teman (orang Jepang) yang sempat datang, katanya stand kita yang paling banyak orangnya. Dan kalo diliat dari jauh, bikin penasaran pengen mendatangi.

Trus, kita juga menjual makanan (food bazaar). Ada nasgor, nasi kuning, tempe goreng tepung dan aneka jajanan pasar. Yang paling diminati orang Jepang, tentu saja nasgor. Soalnya itu makanan Indonesia yang paling populer di Jepang. Apalagi nasgor-nya kita masak langsung di stand. Wangi bumbunya menyebar kemana-mana. Sampe aroma daging dari stand kebab Turki yang di sebelah kita, tertutup sama wangi nasgor deh kayaknya. Hihihi...

Selain makanan kita juga menjual barang-barang kerajinan seperti gantungan kunci, sandal, tas, dan alas makan (lunch mat) made in Indonesia. Barang-barang ini dapat lungsuran dari KBRI Tokyo. Kayaknya barang cuci gudang, karena sebelum dijual di TIF pernah juga (barang yang sama) dijual di Mito. Dan ga laku. Kemarin hari kedua kita diskon 50 %, baru laku. Harap maklum deh, namanya juga barang out of date.

Kalo liat hasil (materi) yang kita dapat, mungkin bagi sebagian orang nilainya tidak seberapa. Tapi kerjasama dan kebersamaan selama di rantau orang, benar-benar terasa saat ada event seperti ini. Maka, merugilah orang-orang yang tidak ambil bagian dalam kebersamaan seperti ini. Selain itu kami juga ingin menularkan kebahagiaan dengan sodara-sodara di tanah air, dengan menyumbangkan sebagian hasilnya untuk pendidikan sodara-sodara yang tidak mampu. Dan satu lagi yang ga kalah penting , lewat event ini kita mengenalkan Indonesia.

Visit Indonesia Year 2008, beautiful Indonesia!
Foto-foto hari
pertama dan kedua, silahkan di-klik ya..!

*Otsukaresama deshita : senang sudah bekerjasama (kira-kira artinya begitu).

4 comments:

Eucalyptus said...

Pantes jarang nge-blog, rupanya lagi sibuk abis acara ini ya...
Senengnya ya bisa ngenalin kebudayaan Indonesia di negara orang....

Anisa said...

alhamdulillah lancar dan sukses. duh tau gitu ikutan donk heheeee :D

Desita Eka said...

jadi inget tsukuba international fair th 2001 ^-^

Brian said...

Asyik ya bisa kumpul rame2, salam kenal, minta ijin ngelink blok. Kalau sempat silakan mampir ke blog saya

Terima kasih