Sunday, September 17, 2006

This Autumn's Special Guest

Beberapa hari ini udara mulai terasa sejuk, disertai hembusan angin yang berbisik lembut. Daun-daun pohon mulai menguning, tampak berkilau disentuh cahaya matahari. Senja datang lebih cepat dan siangpun semakin pendek. Hmm... Musim gugur benar-benar sudah datang.

Di musim gugur ini, tamu istimewa juga akan datang. Tamu yang datang hanya sekali dalam setahun. Ialah Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Dan juga bulan yang berfungsi sebagai masa training untuk menghadapi sebelas bulan lainnya.

Di tanah air, hampir di setiap tempat belakangan hari ini pasti telah banyak spanduk ataupun iklan yang memuat ucapan selamat datang juga ajakan banyak beramal di bulan Ramadhan. Begitu pula program tayangan televisi, sudah mulai dipenuhi nuansa Ramadhan. Beberapa pusat belanja biasanya juga ikut menyemarakkan dengan memberi diskon khusus. Nuansa Ramadhan terasa benar-benar mengisi setiap ruang.

InsyaAllah, tahun ini adalah Ramadhan ketiga yang saya lewati di negeri sakura. Berbeda dengan di tanah air, di sini tidak ada spanduk ataupun iklan yang menunjukkan tanda-tanda penyambutan bagi tamu istimewa. Begitu pula tayangan televisi, jauh sekali dari nuansa Ramadhan. Hanya penyambutan yang dilakukan secara individu (yang berkepentingan).

Bersyukur, Ramadhan tahun ini masih hadir dalam musim gugur. Malam lebih panjang daripada siang, sehingga banyak yang bisa dilakukan untuk menghidupkan malam di bulan Ramadhan. Suhu udara di siang haripun tidak ekstrim tinggi (seperti musim panas). Tak terbayang, bagaimana menghidupkan malam Ramadhan di musim panas. Saat malam lebih singkat dibanding siang? Saat fajar terbit mulai pukul 02.30-an dini hari dan senja datang pukul 07.00 malam??? “...
Maka, nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan?...”

Semoga masa training Ramadhan kali ini dapat dilewati dengan baik. Bahkan bisa lebih baik dibanding tahun sebelumnya.
Selamat menjalani ibadah shaum Ramadhan. Ahlan wa sahlan yaa Ramadhan.....

No comments: