Wednesday, September 06, 2006

How to Get to Tennocho Station?

Di tengah kebingungan memilih kereta Sotetsu line di stasiun Yokohama, tiba-tiba seorang japanese menyapa saya dan suami.
"Do you have any problems?"
"Ouw yes, we're going to Tennocho station. Which train should we choose to get there?"

"Hmm.... This train won't stop at that station, bcoz of rapid train." Ujarnya menunjuk kereta yang sedang parkir di depan kami.
"You should take the local one, over there!" Dia menunjukkan kereta yang dimaksud. Tetapi kami tetap masih bingung karena disana ada dua kereta yang sedang parkir. Rupanya dia bisa membaca kebingungan di wajah kami.
"Ok, I`ll show you. Follow me!"

Dia mengantarkan kami sampai di depan kereta yang dimaksud.
Setelah kami mengucapkan terima kasih, dia pun segera berlalu karena kereta yang hendak dia naiki akan segera berangkat.

Tidak banyak orang jepang yang mau menyapa orang asing yang baru dikenal. Biasanya mereka akan membantu bila kita yang lebih dulu meminta bantuan. Berbeda dengan orang itu. Entah siapa namanya, kami tidak sempat berkenalan. Di saat kami sedang kebingungan, dia datang menghampiri. Mungkin dia sudah lama memperhatikan kami sewaktu membolak-balik panduan rute kereta. Dia tidak hanya sekedar memberitahu kereta yang seharusnya kami pilih melainkan juga mengantarkan kami sampai di depan kereta yang dimaksud. Dia juga lancar berbahasa inggris sehingga kami menjadi lebih mengerti. Sungguh sangat berarti kebaikannya bagi kami.

Bayangkan bila kebingungan seperti kami itu terjadi di stasiun-stasiun di tanah air. Saya pasti sudah merasa curiga bila didekati orang yang tak dikenal. Selain itu juga berhati-hati dengan barang yang saya bawa dan berusaha selalu waspada terhadap segala bentuk gerak-gerik yang mencurigakan. Betapa susahnya mendapatkan keamanan di tempat umum meski di kampung halaman sendiri.

No comments: