Wednesday, September 16, 2009

Berpuasa

"Kok ga makan?" Murakami san menyapa saya saat istirahat siang.
"Saya puasa."
"Ooo...puasa. Berhubungan dengan agama dan Tuhan ya?!" Dia bertanya lagi.
"Iya betul."
Orang Jepang juga mengenal aktivitas puasa. Biasanya dilakukan oleh biarawan atau biarawati. Hanya saja tidak sebulan penuh seperti umat Islam.

"Puasanya hari ini saja kan?!"
"Tidak, tapi selama satu bulan penuh." Saya yakin akan ada pertanyaan berikutnya.
"Hhaahh... satu bulan?!" Ekspresi keterkejutan terpancar jelas dari matanya yang membesar. " Apa badanmu nanti ga sakit? Bagaimanapun, tubuh kan butuh kekuatan dari makanan kan?! Dan kamu tetap beraktivitas seperti biasanya!" Pertanyaan beruntun seperti ini sudah saya duga akan keluar.
"Aah... tidak apa-apa. Berpuasa kan saat siang, kalau malam bisa makan seperti biasa. Saya sudah berpuasa sejak umur 8 tahun lho... Kamu lihat sendiri kan, sampai sekarang saya baik-baik saja?!" Saya mencoba menghapus kekhawatiran di wajahnya.
"Wah, rasanya susah dipercaya. Satu bulan berpuasa dengan aktivitas yang tidak berubah, tapi kondisi tubuh tetap baik-baik saja." Keheranan terpancar jelas dari wajahnya.

Hmm... Sepertinya saya harus menjelaskan secara logis, agar dia tidak memandang puasa sebagai rutinitas keagamaan yang tak masuk di akal.
"Ya, untuk beraktivitas kita memang butuh tenaga. Di beberapa bagian tubuh kan ada penumpukan lemak. Saat tidak ada makanan yang masuk, tubuh akan menggunakannya sebagai sumber tenaga. Penumpukan lemaknya akan berkurang, bisa menyehatkan badan kan?!" Mungkin saja dengan penjelasan seperti ini bisa diterima logikanya.

"Haa... masih susah saya percaya. Yang saya bayangkan, kalau tidak makan badan akan lemas dan tidak kuat bekerja." Raut tak percaya terpancar dari wajahnya.
"Ya sudah, bagaimana kalo kamu mencoba berpuasa saja?" Sambil tersenyum saya coba menantangnya. "Saya saja sudah melakukannya sejak kecil lho..."
"Aaa... Tidak, tidak. Rasanya saya tidak akan kuat seperti kamu." Dia tertawa sambil menggelengkan kepalanya.

7 comments:

umi rina said...

Hehehehe...selayaknya seorang 'Muslim' itu memang seorang yang kuat dan tangguh. Dan berpuasa adalah jalan untuk lebih memperkuatnya, bukan sebagai alasan untuk bersantai dan menjadi orang yang lemah. :)

Shinta Octaviani said...

Iya mbak Rina, bagi mereka kalo ga makan ga bakalan kuat ngapa-ngapain.

Unknown said...

hallo salam kenal,

saya browsing mengenai tsukuba, dan nyangkut disini he he...

saya boleh tanya? :), awal okt 2009 saya rencana akan ke tsukuba, ada training dr JICA di Public Work Research Institute (PWRI). Selama 2 bulan (akhir november).

apa yg perlu saya siapkan yach? menyangkut dg cuaca disana bagaimana? .... kan mungkin belum begitu dingin2 amat.... tapi tolong donk saran2nya mbak ....

salam

Putri

Shinta Octaviani said...

Salam kenal Putri...

Tsukuba sekarang sampe akhir Nov masuk musim gugur. Suhu harian berkisar antara 20-24 C (kalo malam lebih rendah),bulan Nov suhunya akan semakin dingin. So, perlu bawa jaket, sweater, kaos kaki, syal atau pakaian hangat lainnya.

Musim seperti ini kelembaban udara rendah bikin kulit kering dan gampang pecah-pesah, kalo perlu bawa body lotion/skin cream & lip care tp kalo mau beli di Tsukuba jg banyak jualnya.

Selain itu bawa obat-obatan pribadi, termasuk minyak kayu putih/minyak gosok yg biasa digunakan. Makanan cepat saji seperti mie instant, saos sambal, kering kentang atau sambal pecel. Khawatir belum cocok ama makanan di asrama JICA, soalnya kalo dingin bawaannya cepat lapar :D

Smoga membantu ya... Welcome to Tsukuba :)

Unknown said...

Mbak ..makasih yach ...
Btw ada yg lupa ditanyain, kalo nanti
saya bawa HP saya dg nomor indosat,
Disini saya kan berlangganan layanan
Blackberry, trus selama di indo kan
Aman2 aja, bayar sebanyak langganan
Pasca saja. Tapi jk tetap dihidupkan
Layanan blackberrynya, setelah saya
Tanya ke indosat, nanti akan otomatis
Ngikutin harga per kb disana, kira2
Shinta bisa ngasih gambaran disana?
He he ... Banyak amat ya nanyanya,
Maaf yak ...mbak..

Abis kalo jadi mahal, ya saya matiin
Aja dulu layanan bb nya.

Atau saya bisa beli sim card disana?
Atau solusi yg terbaik apa yak? ..


Makasih banyak mbak shinta..


Sala


Put

Shinta Octaviani said...

Putri, terus terang sy tidak terlalu mengerti perbedaan tarif layanan BB di Indoneia dan di Jepang. Tp sepanjang pengetahuan sy, BB tidak populer di Jpg.

Kalo untuk akses internet,semua kantor, kampus bahkan tiap kamar asrama JICA dah ada failitas tsb. Tinggal bawa laptop aja.

Kalo utk telepon SLI, teman-teman di sini banyak yg pake Int'L calling card (bisa dipake via telp umum). Atau pake fasilitas telp dari internet kayak skype or Voip, tentunya hrs ada laptop/pc plus headphone dan microphone. Dan setahu sy, fasilitas sepeti skype paling banyak diminati krn tarifnya yg sangat murah. Banyak yg pake fasilitas itu soalnya. hehehe...

Put Ki Family said...

makasih mbak shinta...

skrg saya sudah di tsukuba, ternyata gak di asrama jicanya...tapi di hotel suwa tsukuba....hiks

skrg bingung mo ngapain...hiks...

mbak shinta tinggal dimana?

mbak maaf ..kalo aku cerewet yak ...berasa lonely....hiks..

emailku putri.intan.suri.s@gmail.com...

mbak kalo gak keberatan, by email saja..ya ...lalu lintas blog mbak, ntar banyak dari aku aja ...he he ...

salam

putri