Monday, October 20, 2008

Tips Menghindari Kolesterol

Udah lama ga posting hal-hal yang informatif dan agak serius nih, mumpung ada mood cepat-cepat ditulis daripada ntar mood menguap entah kemana. Yang mau baca sambil menikmati secangkir teh atau kopi, buruan ambil dulu minumannya. Yang mau ambil cemilan, juga buruan ambil dulu. Ntar kalo tengah-tengah baca dipotong mau ngambil minuman atau cemilan, seleranya ikut menguap, ga tanggung jawab ya... Hehehe....

Tips ini bersumber dari dokter yang menangani teman lab suami. Hasil cek medis teman itu menunjukkan kolesterol dalam darahnya tinggi sekali. Padahal postur tubuhnya terbilang kurus lho?! Usianya juga masih relatif muda, masih 35 tahunan deh. Jaman sekarang, usia dan postur tubuh ga bisa dijadikan jaminan. Dia berkonsultasi dengan dokter serta meminta obat yang mujarab untuk menormalkan lagi kondisinya itu. Tapi sayang sekali, dokter tidak mau memberikan obat. Menurut dokter, pemberian obat-obatan hanya mengatasi kolesterol untuk sementara. Bila suatu saat berhenti mengkonsumsi obat, kolesterol akan meningkat kembali.

Yang paling baik itu dengan memperbaiki gaya hidup. Life begin at thirty. Mungkin banyak yang sudah mengenal ungkapan tersebut. Saat memasuki usia kepala tiga, mulailah bergaya hidup sehat (bila sebelumnya gaya hidup yang diterapkan masih belum jelas gayanya lho ya.... ). Nah kali ini, kita khusus membicarakan gaya hidup yang berhubungan dengan menghindari kolesterol.

OK, let's start...!
1. Hindari/kurangi mengkonsumsi daging merah dan perbanyak sayuran hijau. Kecuali tidak ada pilihan menu lain selain daging merah.


2. Kurangi makanan berlemak dan yang berkalori tinggi. Kalo memang terpaksa, harus diimbangi dengan gerak/olahraga yang cukup untuk membakar kalori tersebut.

3. Usahakan menikmati makan malam, minimal 3 jam sebelum tidur. Misalkan biasa tidur jam 10, berarti sebelum jam 7 malam sudah harus selerai makan. Jarak makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur menyebabkan penumpukan kalori. Ini berpotensi menaikkan kolesterol. Apalagi kalo menunya berkalori tinggi, wah..... bahaya!

4. Hindari minum juice, teh manis juga minuman-minuman manis lainnya di malam hari. Hubungannya sama kalori tadi. Kalo memang mau minum teh/kopi, gulanya di-skip aja.

5. Jangan memanjakan diri dengan cemilan. Kalo mau ngemil, kuaci aja deh... makannya lama tapi tidak mengeyangkan.

6. Usahakan untuk berolahraga agar lemak dalam tubuh tidak sempat menumpuk banyak. Bila sibuk, tak perlu menyediakan waktu khusus. Pilih jalan lewat tangga, jangan lift kalo mau naik gedung/ruangan yang lebih tinggi. Atau abaikan becak/ojek/kendaraan lainnya bila masih bisa bersepeda/jalan kaki tentunya kalo sedang tidak terburu waktu ya... Banyak cara deh, buat membakar lemak dan kalori tubuh.

7. Hindari stress. Belajarlah menikmati dan mensyukuri hidup.

Begitu tips-nya. Selamat mencoba ya....

2 comments:

Asih Najib Evan said...

bener... sekarang usia gak jamin kesehatan (kolesterol & darah tinggi). Mungkin karna gaya hidup ya. Kak asih juga lagi memulai rajin olah raga nich...

Eucalyptus said...

Susahnya menahan nafsu klo liat makanan2 berlemak terhidang diatas meja... he he he, padahal emang harus di tahan ya supaya sehat...
BTW apa kabar say? Tolong imel aku di eucalyp10@gmail.com ya, nanti aku invite kamu utk masuk blog-ku yg di private