Tuesday, January 22, 2008

Denpa Dokei

Minggu lalu sewaktu berkumpul dengan teman-teman Bunga Melati, ga sengaja obrolan menyimpang tentang jam. Obrolan ini berawal dari keheranan mbak Rofi ketika dia membelikan jam tangan made in Japan untuk saudara-saudaranya di Indonesia.

(R)ofi : "Jam tangan buatan Jepang ga cocok ya kalo dibawa ke Indonesia?!"
(S)aya & lainnya bengong.:-/

(N)asa(h)ara san : "kenapa tidak cocok?"
(R) : "Ga ga bisa di-pas-kan dengan waktu Indonesia, kayak jam yang hampir rusak gitu lho. Saya jadi malu sama saudara-saudara, ntar dikira ngasih jam rusak.":(
S : "Waktu beli, bilang ga sama penjualnya kalo jam itu mau dipakai di luar Jepang?"
Rofi dan lainnya bengong lagi.:-/

(N)e(l)a : "Emang harus bilang begitu ya??"
(S) : "Saya pernah dikasih tahu begitu kalo beli jam dan nantinya mau dipakai di luar Jepang. Sebagian jam produksi Jepang (termasuk jam tangan) dipasangi alat kontrol radio sehingga kalo nyala ga perlu diputar-putar ntar bisa cocok sendiri dengan jam, menit dan detik saat itu. Otomatis gitu lho... Tapi kontrol radio itu hanya untuk wilayah Jepang aja."B-)
(S)a(t)o san : "Aaa.... denpa dokei itu namanya!*-:) Memang ada yang begitu tapi ada juga yang bukan denpa dokei, manual setting."
(R) : "Oo... jadi kalo yang mau kita beli itu termasuk denpa dokei, minta kontrol radio-nya supaya dicopot gitu ya?!"
(S) : "Ya. Kalo ga bisa dicopot, ganti jam yang lainnya aja.":D
R dan Nl : "Naruhodo... (I see...).":D/
*******

Denpa dokei (radio clock) adalah jam yang dikontrol berdasarkan signal dari pemancar radio. Di Jepang terdapat
2 stasiun pemancar denpa dokei, terletak di gunung Ohtakadoya (Fukushima prefecture) dan gunung Hagane (Saga prefecture) di pulau Kyushu. Hampir semua jam yang berada di tempat umum seperti di stasiun kereta, bandara, terminal bis dan termasuk juga di stasiun TV dan radio menggunakan denpa dokei. Sistem seperti ini membuat jam selalu menunjukkan angka yang sama dimanapun berada sesuai dengan Japan Standard Time. Ga bakalan ditemukan selisih detik ataupun menit kalo pake denpa dokei selama masih di wilayah Jepang. Tapi sistem seperti ini ga cuma ada di Jepang, negara lain juga banyak yang sudah menggunakannya cuma mungkin lain istilah aja.

3 comments:

Niken said...

baru tahu lho..model jam kyk gini, secara aku dah ga pernah pakai jam tangan lg.. kl beli jam pasti ya yg hrs diputer2..

nila_aura said...

Wow...keren yah ada jam yg kek gini...

Eucalyptus said...

Wah, unik juga ya..... baru tau neh ada jam khusus di area Jepang aja... klo gak harus dicopot signalnya... he he, canggih deh...