Thursday, January 25, 2007

New Zealand or Disneyland?

Siang ini saya bertemu dengan seorang guru bahasa Inggris yang berasal dari New Zealand. Tahu New Zealand kan?! Selandia Baru, kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Itu lho...., salah satu negara kepulauan yang terletak di samudra pasifik dan dekat dengan Australia. Sebenarnya, orang New Zealand itu datang ke Jepang untuk memperdalam pelajaran bahasa Jepang serta huruf kanji. Karena ada yang membutuhkan guru, akhirnya dia juga mengajar bahasa Inggris. Sambil menyelam minum air deh ceritanya;)

Dengar nama New Zealand, saya jadi senyum-senyum sendiri;)) Jadi teringat salah satu acara di TV sini waktu akhir Desember yang lalu. Acara tersebut (lupa namanya) berisi liputan tentang orang-orang lanjut usia yang mempunyai kebiasaan aneh. Benar-benar lanjut usia, semuanya di atas 80 tahun.

Di Jepang sepertinya tidak terlalu sulit untuk menemukan orang usia lanjut di atas 80 tahun. Namun yang dicari tentu saja bukan orang biasa melainkan yang punya kebiasaan aneh.Pemenang tahun 2005, seorang kakek-kakek yang selalu menyumbat kedua lubang hidungnya dengan tissue. Waktu ditanya, kenapa melakukan itu? Jawabnya, (kalo nggak salah) biar hidungnya bisa istirahat jadi kakek itu bernapas dengan mulut. Aneh kan?!:D Untuk menemukan orang-orang seperti itu, beberapa reporter dan juru kamera disebar ke seluruh Jepang. Jadi pesertanya berasal dari seluruh Jepang. Lalu hasil liputan itu diserahkan kepada dewan juri untuk dinilai dan ditentukan pemenangnya.

Naah..... Salah satu isi liputan acara itu ada hubungannya dengan New Zealand. Ada seorang kakek-kakek (lagi), yang dicegat oleh tim acara tersebut. Kakek itu ditanya umurnya dan apa saja hobi serta kesibukannya. Kira-kira begini obrolannya :

Reporter : "Kakek hobi-nya apa?"
Kakek : "Oo...saya paling suka jalan-jalan."
Reporter : "O ya?! Sudah pernah jalan kemana aja?"
Kakek : "Banyak.... Saya sudah keliling-keliling. Ke..... (dia menyebutkan beberapa kota dan tempat-tempat terkenal di Jepang). Baru-baru ini saya juga pergi ke Nyuu Jirando (New Zealand dalam ejaan bahasa Jepang)<):)
Dengan bangga, kakek itu bercerita kepada reporter.
Reporter : "Waah... hebat!! Sampai ke luar negeri juga ya?!" :-O
Kakek : "Lho, kok luar negeri sih?!":-/
Reporter : "Lha iya. Negara New Zealand yang dekat Australia itu kan?!"
Kakek : "Bukan. New Zealand kan dekat Tokyo!"
Reporter : "Dekat Tokyo :-/ Trus, kakek ngapain aja di sana?"
Kakek : "Ya.. jalan-jalan trus ketemu dengan Mickey dan Minie Mouse."
Reporter : "Heeee... Itu namanya Disuniirando (Disneyland) kek! Tokyo Disneyland."=
Kakek : "Nyuu Jirando da yoo... (ngotot)."
*****

Tapi si-kakek itu tidak berhasil menjadi pemenang karena ada yang lebih aneh lagi. Jadi itu tuh yang bikin saya senyum-senyum sendiri waktu ketemu orang New Zealand.

6 comments:

Syanti Dewi said...

hi..hi...lucu banget mba... ko bisa yah New Zealand jadi Disneyland.. kakek nih ada-ada aja...

Sita, Bunda-nya Calya said...

Hihihi..bahasa Inggris orang jepang memang kadang2 "ajaib".

Evy said...

hihihi emg mirip sih new zealand sm disneyland...mirip landnya hihihi:p

Anisa said...

setuju dengan mbak Sita..kadang2 bikin tambah pusing *sangkiyu*
ehheheeeheh.

Ryuta Ando said...

Orang Jepang itu klo ngomong bhs. Inggris ditranslate-innya harus dengan pikiran dan perasaan yang ruarr biasa...abis ajaib banget sih ngomongnya. Kadang kita pake bhs. Inggris yg bener malah keliatannya jadi oon banget deh didepan mereka.

Nisa said...

oalahh..namanya juga dah kakak2.lucu banget :))