Saturday, December 02, 2006

Have You got Winter Shock?

Hari ini rasanya lebih dingin dibanding sebelumnya. Apalagi setelah turun dari bis (yang pake heater) jadi terasa banget dinginnya. Brrr.... Pengen secepatnya masuk kamar, nyalain heater trus bikin minuman anget biar badan jadi anget juga. Anyway, kunci kamar dimana ya??? Isi tas dah diaduk-aduk, kok kunci kamar belum ketemu juga?!
“Yatta! Kagi wo mitsuketa. Yokatta!” Langsung aja kuncinya dibuka sambil handle pintunya diputar.
Wadaoww!!”
Iihh..... Handle pintunya nyetrum! Bikin kaget.
*****


Pernah ngalamin kejadian seperti itu ga?? Seringnya sihh kalo musim dingin atau cuaca dingin. Setiap nyentuh benda yang dari logam, langsung deh nyetrum.... Kayanya tidak terlalu berbahaya sih tapi cukup bikin detak jantung tambah kencang.

Kenapa sih, kok bisa nyetrum???

Belajar fisika lagi yuuk........!

Setiap benda yang ada di sekeliling kita tersusun dari atom. Masih ingat istilah atom kan?! Atau gampangnya, atom adalah partikel terkecil suatu benda. Inti atom punya proton (bermuatan positif), neutron (netral) dan elektron (bermuatan negatif). Proton dan neutron setia sama inti atom, ga mau bergerak pindah dari inti atom. Tapi kalo si-elektron bisa bergerak, meloncat dari satu atom ke atom lainnya. Dari satu benda ke benda lainnya.

Lha trus apa hubungannya ama kesetrum di musim dingin???

Di musim dingin kita tetap bergerak, kan?! Ga kayak beruang kutub atau binatang lainnya yang tidur melulu selama musim dingin. Walopun suhu udara dingin, tetap aja kita berjalan ke sana-sini. Pokoknya ga selalu diam deh. Paling aktivitas yg berhubungan ama yang dingin-dingin terpaksa dikurangi.

Kalo kita berjalan, ada gesekan antara kaki atau sepatu atau sandal dengan lantai. Gesekan itu bikin elektron yang ada di lantai pindah ke tubuh kita. Padahal di tubuh kita sendiri udah ada elektron juga. Jadinya, tubuh kita kelebihan elektron. Kelebihan muatan negatif. Berarti ada muatan listrik (statis) di tubuh kita. Kalo di musim panas, udara cukup lembab sehingga uap air bisa membantu elektron yang kelebihan di tubuh kita bergerak ke benda lainnya dengan cepat. Sebaliknya di musim dingin udara kering ditambah lagi pake pemanas ruangan semakin bikin kering udara. Akibatnya kelebihan muatan negatif di tubuh kita sulit dinetralkan. Waktu kita nyentuh handle pintu, zaaap....! (Handle pintu biasanya kan terbuat dari logam, bisa berfungsi sebagai konduktor). Kesetrum deh. It’s called winter shock.

Selain itu, baju yang kegosok-gosok di kulit kita juga punya listrik statis. Makanya kadang-kadang baju juga nyetrum kalo di musim dingin. Pernah kejadian begitu ga??

Lha trus gimana caranya supaya ga kesetrum??

Karena udara kering sulit menetralkan elektron, walopun musim dingin usahakan udara di sekitar kita tetap lembab. Bisa pake room humidifier atau panasin air di kompor atau di atas heater (biasanya heater minyak tanah) yang sekaligus berfungsi sebagai kompor. Uap air yang mendidih akan melembabkan udara. Jadi elekron yang kelebihan di tubuh kita bisa loncat ke benda lainnya. Selain itu, gunakan selalu lotion pelembab kulit biar kulit ga pecah-pecah dan ga nyetrum kalo nyentuh benda-benda yang bersifat konduktor.

No comments: